Wujudkan lulusan SMK yang berkualitas dengan Kerjasama antara Politani Pangkep dengan 5 SMK Negeri di Sulawesi Selatan.

 Wujudkan lulusan SMK yang berkualitas  dengan Kerjasama antara Politani Pangkep dengan 5 SMK Negeri di Sulawesi Selatan.

Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Politani Pangkep dengan 5 SMKN Prov.SulSel, sekaligus validasi kurikulum IDUKA dari Perikanan dan Pertanian yang diadakan di Hotel Raising Makassar, Jumat (24/10/2020).

Makassar,celebesmagazine blogspot.com- Penandatanganan MoU antara Politani Pangkep dan SMKN SulSel disaksikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi SulSel, Bidang Pembinaan SMK yang diwakili oleh Andi Tasri dan dihadiri oleh beberapa Tenaga Pendidik dan Kependidikan UPT SMK Sulawesi Selatan.

Langkah konkret dan kerjasama yang kuat berbagai pihak sangat dibutuhkan, guna menciptakan SDM unggul untuk bersama membangun Pendidikan SulSel yang lebih maju. Demikian pula dengan program "Link and  Match"  yang terus digencarkan oleh Dinas Pendidikan Prov.SulSel. menbutuhkan konsistensi dan kerja keras, baik dari dunia pendidikan, industri maupun dunia kerja. Akhirnya lulusan SMK bisa nenyesuaikan diri dengan kebutuhan tenaga kerja industri maupun dunia 

Salah satu contoh yang bisa kita lihat dan patut diikuti oleh semua SMK di Sulawesi Selatan adalah SMKN 9 Makassar yang telah berani melakukan gerakan dan gagasan gagasan baru untuk perbaikan Kualitas lulusannya dengan tak henti hentinya membuka ruang dan kerjasama dengan DUDI dengan Istilah "Kawin Massal" oleh Kepala UPT SMKN 9 Makassar ,bahkan berani menghadirkan DUDI untuk duduk bersama para guru dalam penyusunan kurikulum yang dusesuaikan dengan kebutuhan sekolah.

Dengan tujuan menguatkan Kelembagaan pendidikan vokasi agar selaras dengan kebutuhan dunia industri dan dunia kerja (IDUKA), maka dilakukanlah "Kawin Massal" yaitu dengan memperkuat kemitraan sehingga tercipta lingkungan kolaboratif dan kondusif yang mampu meningkatkan keterampilan lulusan SMK, sesuai dengan tujuan Pendidikan yang lebih baik di Provinsi Sulawesi Selatan.

Dan pada kesempatan ini, tentunya dengan melihat sederet kerjasama dan inovasi inovasi yang telah dilakukan SMK 9 Makassar sebagai sampel dan barometer, maka terlaksana lagi Penandatanganan MoU antara 5 SMKN di SulSel antara lain adalah SMKN 6 Jeneponto, SMKN 4 Bantaeng, SMKN 6 Sidrap,  SMKN 2 Pinrang dan SMKN 3 Takalar. Sekaligus Validasi Kurikukum IDUKA dari Perikanan dan Pertanian.

Semoga dengan semakin luasnya kerjasama dan sinergitas antara DUDI dan SMK di Sulawesi Selatan bisa menghadirkan SDM yang unggul dan mempuni  di Sulawesi Selatan seperti Icon SMK," SMK bisa SMK Hebat.(Andi Batara)



Posting Komentar

0 Komentar