Kahar Musakkar di Desa Uludaya Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros

 

Kahar Musakkar

celebesmagazine, Kabupaten Maros-uludaya adalah nama sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Desa Uludaya berstatus sebagai desa definitif sejak tahun 1996 dan tergolong pula sebagai desa swasembada. 

Desa Uludaya memiliki luas wilayah 11,30 km² dan jumlah penduduk sebanyak 690 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduk sebanyak 61,06 jiwa/km² . Pusat pemerintahan desa ini berada di Dusun Uludaya.

celebes magazine.com. Lo


Sejarah,

Pada awalnya desa Uludaya bernama Lapppa Hudaja, adalah hamparan padang yang luas dan panjang yang membentang dari timur ke barat di sepanjang lereng Gunung Samaenre (Bulu Saminring), merupakan pusat/tempat Karaeng (Arung) dan masyarakat distrik Watang Mallawa kala itu unjuk kekuatan dalam lomba pacuan kuda. Inilah asal muasal nama Uludaya dibentuk. Dalam bahasa Bugis ulu berarti "pusat" sedangkan daya berarti "kekuatan". Uludaya merupakan Pusat Kekuatan.

Berikut kita dengarkan Kahar Musakkar selaku kepala desa Uludaya saat di wawancara oleh tim investigasi celebes magazine JUMAAT (13/1/2024.

Desa Uludaya mulai terbentuk pada tahun 1996 sebagai desa definitif, hasil pemekaran dari Desa Samaenre yang pada saat itu merupakan salah satu dusun yang terletak di sebelah timur Rea Malempo ibu kota Desa Samaenre. Dalam pemekarannya sebagai Desa Persiapan, H. Andi Amir Abdullah ditunjuk sebagai kepala desa Uludaya yang pertama. Dusun Tattumpung yang saat itu bagian dari wilayah desa Batuputih diintegrasikan ke dalam wilayah desa Uludaya. Seiring dengan  perkembangan jaman, desa ini semakin maju dan berkembang berkat kepemimpinan  Kahar Musakkar selaku kepala desa Uludaya yang menjabat saat ini.

Kondisi geografis.

Penggunaan lahan di desa Uludaya berupa persawahan dan non pertanian. Wilayah persawahan yang ada di desa Uludaya setiap tahun semakin berkurang disebabkan adanya alih fungsi lahan menjadi pengembangan perumahan. Sehingga luas sawah yang masih ada sekarang sekitar 103,00 ha dan lahan non pertanian yang dimaksud sudah tercakup di dalamnya untuk perumahan, perkantoran dan fasilitas lainnya dengan luas keseluruhan 42,29 ha. Irigasi yang ada di desa Uludaya panjangnya ± 6.000 meter yang mengairi persawahan dan rumah-rumah masyarakat setempat. Rumah-rumah warga yang dialiri mata air dengan bantuan pipa yang telah dipasang oleh masyarakat itu sendiri.

Topografi

Desa Uludaya merupakan wilayah dataran tinggi/pengunungan dengan ketinggian 325 mdpl.

Demikian dari tim Celeebes magazine memberitakan.

Pewarta : Muh. Ali

Editor     : Mustafa Kamal








Pers Adalah Salah Satu Mitra Kerja Untuk Membangun & Memajukan Bangsa






Posting Komentar

0 Komentar