Di manakah Hati Nurani Pemerintah Terhadap Nelayan Di Pandemi Covid19




Oleh: Maftuh
Jakartta, Celebes Magazine: Sungguh malang nasib para Nelayan. Pemerintah hanya berpikir terhadap orang bermata pencaharian di daratan saja tanpa memikirkan nasib para nelayan di pandemi covid19. Pendapatan nelayan di hargai sangat rendah dikarenakan covid19.

    Padahal mereka memerlukan biaya operasional yang sangat besar untuk pergi berlayar menangkap ikan. Tetapi hal yang berbeda justru dirasakan para pembeli di pasar yang mengeluhkan bahwa harga ikan meningkat drastis. Padahal pendapatan nelayan di hargai sangat rendah oleh pemasok ikan.
 Seharusnya pemerintah memberikan solusi bagi para nelayan di pandemi covid19 seperti ini. Saya melihat pemerintah hanya fokus pada orang yang bermata pencaharian di darat saja.  Pemerintah tidak melihat perjuangan para nelayan untuk menafkahi keluarga mereka.

    Bukankah pemerintah setuju bahwa covid19 ini adalah  bencana nasional tanpa harus memandang orang yang bermata pencaharian di daratan atau pun di laut. Seharusnya pemerintah memberikan hak yang sama terhadap para nelayan selama pandemi covid19. Agar mereka tidak sia-sia berlayar mencari ikan di tengah covid19.

    Seharusnya kita dapat bertindak adil dan menyamaratakan semua pekerja tanpa melihat latar belakang pekerjaan mereka. Tidak mudah bagi seorang nelayan mencari ikan di laut saat masa pandemi seperti ini. Seharusnya pendapatan nelayan di hargai dengan harga yang sesuai standar.
 Agar mereka bisa menafkahi keluarga mereka dengan maksimal di tengah covid19 ini. Jika kita merujuk kembali kepada asas bangsa kita yaitu Pancasila kelima Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Jika pemerintah mengimplementasikan Pancasila kelima tersebut di tengah covid19. 

    Kita menginginkan pemerintah secepatnya memikirkan nasib para nelayan , seperti halnya orang yang bermata pencaharian di darat. Nelayan adalah pahlawan kita dan penjaga laut kita. Kenapa demikian? karena tanpa nelayan kita tidak bisa menikmati kekayaan laut  yang sangat luas dari Sabang sampai Merauke.

    Terakhir saya sampaikan kepada seluruh pemasok ikan di Indonesia agar menghargai pendapatan nelayan dengan standar seperti biasanya. Nelayan juga berhak mendapatkan hak mereka di tengah covid19, seperti halnya orang yang bermata pencaharian di daratan pada umumnya. Semoga  pemerintah secepatnya memberikan solusi yang terbaik bagi para nelayan di seluruh Indonesia.  Mari kita bersama-sama memperjuangkan nasib para nelayan dan meminta hak yang sama untuk mereka. Agar mereka tetap bisa mencari nafkah untuk keluarga dalam keadaan covid19 ini.

Hormat saya
Anak Nelayan

Penulis : Maftuh
Editor Mustafa Kamal

Editor Vdeo:Mustafa Kamal
Biro Hukum          : H. Abd Kadir,SH,MH
Pemimpin Umum: Mustafa Kamal
Wakil                      : H.I.B. Hamka










Posting Komentar

0 Komentar