In Memoriam Prof Dr Arifin Sallatang Guru Besar Ilmu Pertanian Unhas




Guru Besar Ilmu Pertanian Unhas, Prof Dr Ir H Arifin Sallatang Ms (1936-2020), dekan Fakultas Pertanian - kehutanan Unhas (1986-1989)

Makassar, Celebes Magazine blogspot.com : Prof Dr Arifin Sallatang, Doktorandus Sastra yang Jadi Guru Besar Ilmu Pertanian Unhas
 Kabar duka guru besar ilmu sosiologi pertanian  itu datang kala kondisi negeri tengah dirudung duka social distancing, kebijakan untuk tidak berkumpul dalam jumlah besar.

Sesepuh sekaligus Guru Besar Ilmu Sosiologi Pertanian Unhas, Prof Dr Drs M Arifin Sallatang MA (1936-2020), Sabtu (18/4/2020), dikabarkan meninggal dunia dengan tenang, di kediamannya di Kompleks PK Jl Baji Minasa, Makassar.\

Sejatinya, sejawat, keluarga besar Unhas, dan ilmu pertanian, mahasiswa, berniat datang melayat ke rumah duka.
Namun, karena kondisi, memaksa mereka hanya ‘melayat’ melalui aplikasi sosial media.

Mendiang Arifin Sallatu adalah dekan Fakultas Pertanian Unhas (1986-1989) ini meninggal dunia di usia 84 tahun. Almarhum disemayamkan di rumah duka di Jl Baji Minasa 1, kawasan  Cenderawasih, Mamajang, selatan Makassar.
 dimakamkan Minggu (19/4) besok.
Almarhum meninggalkan seorang istri, tiga anak, cucu dan belasan cicit.

Riga anaknya  juga mengikuti jejaknya, sebagai akademisi; DR. Ansar Arifin dosen ilmu pertanian, DR H.M Alwy Arifin, M.Kes (Ketua Departemen Adm & Kebijakan Kesehatan FKM Unhas), dan DR. Mimi Arifin, salah seorang anggota TGUPP Pemprov Sulsel.

Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas Prof Dr Amran Razak MS, menyebut almarhum meninggal karena penyakit diabetes mellitus yang mendera sejak beberapa tahun terakhir.
‘Bukan karena korona ya,” kata Amran yang juga mantan Wakil Rektor Unhas ini.

Amran menyebut almarhum adalah pribadi banyak disenangi mahasiswa, dosen dan koleganya.
Interaksi terakhir Amran Razak dengan gurunya ini, sekitar bulan Februari 2020 lalu.
Saat itu, Sallatang sudah beberapa bulan menjalani perawatan di RS Pendidikan Unhas “Beliau masih ceria seperti dulu, dan  banyak menitip pesan, namun sudah beberapa tahun ini bed rest,” kata Amran Razak.

Buku karya Prof Dr Amran Razak, Permintaan Pelayanan Jesehatan Masyarakat, 2000)
Buku karya Prof Dr Amran Razak, Permintaan Pelayanan Jesehatan Masyarakat, 2000) (dok_tribun-timur)
Karya penelitian almarham yang lahir di Bulukumba ini banyak jadi rujukan.

Disertasi doktornya tahun 1982-an awal, berjudul Ponggawa Sawi : Suatu Studi Sosiologi Kelompok Kecil (1982).

Tahun 1990-an almahum juga membuat tesis tentang patron dan relasi punggawa - sawi dalam struktur ekonomi agraris masyarakat Bugis-Makassar-dan Mandar.

Buku saya (Permintaan Pelayanan Jesehatan Masyarakat, 2000), banyak saya kutip dan jadikan rujukan” kat. \

Bahkan, kata Amran dia menyaksikan  promosi doktor almarhum yang kala itu bareng dengan promosi pengukukan guru besar ilmu komunikasi dan hukum Unhas, alm Prof Dr Andi Muis, SH.

Prof Amran Razak mengenang almarhum sebagai sosok yang cerdas namun jenaka. “Saya senang jika beliau berteori bertutur teratur bak guru telaten dan jenaka.” kenang.

 Arifin Sallatang adalah salah satu dosen perintis di jurusan sosial ekonomi Pertanian.

Kala itu Fakultas Pertanian masih bernama Fakultas Pertanian  berubah  Fakultas Pertanian dan Kehutanan.

“Yang unik dari karier akademik almarhum ini beliau itu adalah dosen dari  Fakultas Sastra, dia dokturandus sastra yang kemudian diangkat jadi dosen bahkan empat tahun jadi dekan di ilmu pertanian,” kata Amran Razak.

Sallatang menjadi dosen saat fakultas itu baru dibuka, tahun 1964.

Kala itu dekan pertamanya adalah Prof. Arnold Mononutu (1962-1964).

Dia menjadi dekan saat Rektor Unhas dijabat seniornya, Prof Dr  Ir. Fachrudin (1981-1989), dan gubernur Sulsel juga dijabat guru besar dari Unhas Prof Dr Ahmad Amiruddin.

Prof Fachruddin adalah bapak mertua Gubernur Sulsel, Prof Dr HM Nurdin Abdullah.

Di masa jadi dekan dia banyak mengorbitkan dosen muda, untuk melanjutkan kuliah di IPB Bogor dan kuliah di luar negeri.

Almarhum Rektor Unhas Prof Dr Radi A Gani (1997-2006), Menteri Pertanian (2004-2009) Dr Andi Amran Sulaiman, Gubernur Sulsel Prof Dr Ir Nurdin Abdullah MSi, Wagub Sulsel (2009-2019) Ir Agus Arifin Nu’mang Msi, Wali Kota Makassar Ir Ilham Arief Siradjuddin (2004-2014), adalah sederet mahasiswa Arifin Sallatang.

Almarhum Rektor Unhas Prof Dr Radi A Gani (1997-2006), Menteri Pertanian (2004-2009) Dr Andi Amran Sulaiman, Gubernur Sulsel Prof Dr Ir Nurdin Abdullah MSi, Wagub Sulsel (2009-2019) Ir Agus Arifin Nu’mang Msi, Wali Kota Makassar Ir Ilham Arief Siradjuddin (2004-2014), adalah sederet mahasiswa Arifin Sallatang.
Saat berita ini diturunkan, Ilham Arief Sirajuddin sudah meminta konfirmasi pihak keluarga untuk datang melayat.

Saat menjabat wali kota, Ilham juga sering meminta wejangan dosennya. "Dia itu dosen, tapi lebih banyak seperti teman bagi aktivis senat, dan bapak bagi mahasiswa," kata insinyur pertaniang angkatan 1985 itu .

Ilham menyebut., saban ada acara reuni Fakultas Pertanian dia dan temannya masih selalu ikut mengundang.

 Dengan latar belakang pengetahuan ilmu budaya dan sastra, Arifin Sallatang banyak menghasilkan karya ilmiah bidang sosio kultural.

Salah satu penelitiannya yang banyak jadi rujukan akademis adalah hubungan Punggawa - Sawi dalam sistem pertanian dan perikanan di Sulsel.

Penelitian tentang Perangkap Kemiskinan dan Kekerasan Struktural di Balik Relasi Kerja Punggawa Sawi, kemudian dikembangkan putranya Dr Anzar Arifin S MA.

Setelah pensiun di dekade 1990-an,  Arifin Sallatang sempat tercatat menjadi calon legislatif untuk DPR pada Pemilu 2004. Dia caleg dari Partai Persatuan Daerah (PPD) dari Daerah Pemilihan Sulsel I, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Selayar, dan Bulukumba.

Meski sudah hampir dua dekade tak lagi aktif di kampus, namun Sallatang masih sering dindang untuk menghadiiri seremoni dan diskusi akademik.

Dari jejak digital di laman Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas pertanian, Unhas, Sallatang masih semoat masuk ke jurusan almamaternya, 10 tahun lalu.

Fakultas Pertanian Unhas Bersama PT Petrokimia Gresik Gelar Talk Show

Fakultas Pertanian Unhas Bersama PT Petrokimia Gresik


Penulis: AS Kambie
Editor: Thamzil Thahir
Biro Hukum          : H. Abd Kadir,SH,Mh
Pemimpin Umum: Mustafa Kamal
Wakil                      : H.I.B. Hamka






Posting Komentar

0 Komentar