Pentingnya Imunitas Terhadap Infeksi Virus Corona; Hasil Wawancara Dr, dr, Ampera Matippanna, S.Ked, MH.

 Penulis  : Asdar Akbar

Editor     : Mustafa Kamal
Dr, dr, Ampera Matippanna, S.Ked, MH.

Pentingnya Imunitas Terhadap Infeksi Virus Corona

Celebesmagazine.com, MAKASSAR-
Dalam kenyataannya, tidak semua orang yang terpapar dengan infeksi Virus akan jatuh kedalam keadaan sakit. salah satu faktor yang berpengaruh adalah imunitas yang dimiliki oleh seseorang. Imunitas tersebut berupa anti bodi tertentu yang akan memproteksi tubuh terhadap setiap antigen yang dohasilkan oleh  mikro organisme patogen, seperti bakteri dan virus yang masuk kedalam sel tubuh  dengan cara memakan antigen tersebut yang dikenal dengan istilah fagositosis. 

Kemampuan tubuh untuk menghasilkan antibodi yang spesifik terhadap setiap antigen yang masuk kedalam tubuh manusia dan melumpuhkannya sehingga tidak jatuh kedalam keadaan sakit  inilah yang kemudian disebut sebagai imunitas. Imunitas dapat dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu Imunitas bawaan dan imunitas dapatan. Imunitas bawaan adalah sistem imunitas yang dibangun oleh tubuh dengan mengaktifkan  makrofag, neutrofil, sel NK dengan melepaskan zat-zat yang bersifat mikrobisidal.Cara kerja imunitas  bawaan cenderung kerjanya lebih lambat dalam mematikan daya patogen dari infeksi mikroorganisme karena membutuhkan waktu untuk mengenali spesifikasi antigen yang masuk sebelum memproduksinya dalam jumlah yang cukup besar untuk mematikan serangan dari antigen-antigen spesifik tersebut.  Sedangkan imunitas dapatan adalah sistem kekebalan tubuh yang telah terbentuk sebelumnya dengan cara memasukkan antigen tertentu kedalam tubuh untuk dikenali dan dibuatkan antibodinya oleh tubuh (vaksinasi) , sehingga ketika seseorang terpapar dengan antigen tersebut maka secara cepat dan massif tubuh memproduksi antibodinya karena sebelumnya telah mengenali spesifikasi antigen tersebut (memory anti body). 

Terkait infeksi virus corona yang hingga kini belum memiliki vaksinasi yang adekuat ataupun jika telah ada harganya relatif mahal maka menjadi hal yang penting untuk meningkatkan sistem imunitas bawaan yang kita miliki selain melakukan upaya-upaya pencegahan dengan tidak kontak terhadap material yang telah terpapar dengan virus ini seperti menggunakan masker, cuci tangan dengan menggunakan detergen atau hand desinfectan lainnya serta tidak kontak dengan orang-orang yang dengan gejala-gejala penyakit mirip infeksi corona virus. 

Beberapa kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas bawaan antara lain:

1. Makan sayur dan buah secara teratur. 
orang yang rajin makan buah dan sayur cenderung memiliki imunitas yang lebih baik. karena sayur dan buah banyak mengandung vitamin dan mineral . Vitamin A,B,C ,D ,E dan Asam Folat  serta mineral seperti Zink, Fe dan Cu akan meningkatkan respon imunitas tubuh s seseorang menjadi lebih baik. 

2. Istirahat yang cukup
Orang yang kurang tidur dan mengalami kelelahan fisik yang berat akan memgalami penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga mudah mengalami infeksi oleh berbagai mikro organisme. Itulah sebabnya mengapa banyak kasus influensa didapati pada orang yang kurang istirahat atau yang mengalami kelelahan yang cukup berat. 

3. Olahraga yang baik, benar, terukur dan teratur (BBTT)

Orang  yang rajin berolahraga dengan cara yang baik, benar, terukur dan teratur akan memiliki kesehatan dan kebugaran tubuh yang baik. Dengan berolahraga BBTT dengan intensitas sedang minimal 30 menit akan meningkatkan produksi antibodi yang cukup besar sehingga mampu melindungi tubuh terhadap berbagai serangan antigen dari mikroorganisme yang masuk menyerang tubuh. 

4. Kemampuan mengelola stress. 

orang yang mampu mengelola stres dengan baik akan hidup lebih enjoy sehingga kekebalan  tubuh tetap akan terpelihara dengan baik. Pada orang-orang yang mengalami stres tubuhnya akan memproduksi hormon kortisol yang akan mengganggu sitokin dan interleukin yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh. 

5. Latihan untuk tertawa lepas 
salah satu kiat yang sederhana dan tidak butuh biaya besar dalam meningkatkan antibodi adalah latihan tertawa lepas sesering mungkin. Tentunya yang dimaksud disini adalah tertawa pada tempat dan situasi yang wajar.  Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering tertawa 15 menit dalam satu hari akan meningkatkan antibodi Imunoglobulin A  dan akan menurunkan ambang stres sehingga tubuh tidak  memproduksi hormon kortisol secara berlebihan yang akan menekan sistem imunitas tubuh. 

Dari beberapa kiat tersebut  seyogyanya menjadi sebuah pembiasaan agar tubuh memiliki sistem imunitas yang tetap terjaga sehingga tidak mudah mengalami infeksi oleh mikro organisme termasuk virus corona yang kini telah menjadi pandemik diseluruh dunia termasuk di Indonesia.

Penulis  : Asdar Akbar

Editor     : Mustafa Kamal











Posting Komentar

0 Komentar