Viral di WhatsApp Video Kuas Eterna diduga Terbuat dari Bulu Babi dan Dipakai Olesi Makanan

 

inlihat fotoViral di WhatsApp Video Kuas Eterna di duga Terbuat dari Bulu Babi dan Dipakai Olesi Makanan


celebesmagazine.com,  - Viral di WhatsApp video temuan kuas cat merek Eterna yang diduga bulunya dibuat dari bulu babi. Kuas tersebut ditemukan di sebuah masjid dan diumumkan dalam sebuah majelis. Tampak hadir seorang mirip Ustadz Muhammad Fakhrurrazi Anshar. "Saya sudah pernah bawa (kuas) merek ini ke laboratorium dan kita cek. Ini fix bulu babi," kata penemu kuas tersebut. Disebutkan jika banyak makanan diolesi bumbu dan kemungkinan menggunakan kuas merek Eterna.

Kuas tersebut impor dari China.

Betulkah ada kuas merek Eterna dibuat dari bulu babi? Sebagaimana diketahui, kuas dibedakan menjadi dua jenis. Ada yang menggunakan bulu atau rambut asli dan kuas sintetis dari plastik. Iklan untuk Anda: Sakit Lutut dan Sendi akan Hilang jika Anda Lakukan Ini Setiap Pagi Bulu atau rambut yang digunakan untuk kuas ini juga biasanya berasal dari babi.

Babi adalah hewan yang diharamkan bagi Muslim.

Mereka tak diperbolehkan mengonsusmi babi maupun menggunakan benda yang mengandung bagian babi. Termasuk menggunakan kuas berbahan bulu babi. Pada tahun 2020 sempat heboh kabar jika Majelis Ulama Indonesia atau MUI mengeluarkan fatwa haram tentang penggunaan kuas dari bulu babi. Namun, fatwa tersebut rupanya hoaks atau tak benar.

Cara bedakan kuas sintetis dan bulu babi

Untuk membedakan kuas sintetis dan bulu babi, ada beberapa hal yang dapat diperhatikan:

1. Bahan:

Kuas sintetis umumnya terbuat dari serat-sintetis seperti nilon, polyester, atau taklon. Sementara itu, bulu babi menggunakan bulu asli dari hewan babi.

2. Tampilan dan tekstur:

Kuas sintetis cenderung memiliki tampilan yang lebih halus dan serat yang terlihat lebih rapi. Mereka juga memiliki tekstur yang lebih lembut saat disentuh. Bulu babi, di sisi lain, memiliki tampilan yang lebih kasar dan tekstur yang lebih kasar ketika disentuh.

3. Performa dan kegunaan:

Kuas sintetis sering kali digunakan untuk aplikasi berbasis air seperti cat air, cat akrilik, atau cat airbrush. Mereka memiliki serat yang tidak menyerap air dengan baik dan mudah dibersihkan setelah digunakan. Bulu babi, di sisi lain, lebih sering digunakan untuk media berbasis minyak seperti cat minyak. Mereka memiliki kemampuan penyerapan yang lebih baik dan memberikan goresan yang lebih lembut pada permukaan.

4. Harga:

Secara umum, kuas sintetis cenderung lebih murah daripada kuas bulu babi. Bulu babi memiliki biaya produksi yang lebih tinggi karena menggunakan bahan alami. Penting untuk dicatat bahwa dengan kemajuan teknologi, kuas sintetis telah menjadi semakin baik dalam meniru sifat kuas bulu babi.

Beberapa kuas sintetis bahkan dapat menandingi kualitas bulu babi. Namun, dengan memperhatikan bahan, tampilan, tekstur, performa, kegunaan, dan harga, Anda dapat membedakan antara kuas sintetis dan bulu babi.(*)

                                                                      Mustafa Kamal













Pers Adalah Salah Satu Mitra Kerja Untuk Membangun & Memajukan Bangsa






Posting Komentar

0 Komentar