Dewan Pers Minta Parpol Terbuka soal Informasi kepada Jurnalis

 

Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu (Foto: Erfan Ma'ruf) 

celebesmagazine, - Dewan Pers meminta partai politik (parpol) agar tidak melakukan diskriminasi terhadap media. Parpol juga diminta tidak menahan informasi yang seharusnya disampaikan kepada masyarakat.  Permintaan tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, dalam acara 'Kick off Workshop Peliputan Pemilu 2024' di Jakarta, Senin (19/6/2023). 

"Bagi parpol, janganlah menahan informasi dan jangan ada diskriminasi terhadap media. Berikan informasi kepada semua media, dan jika ada hal-hal yang penting, ajaklah rekan-rekan media," ujar Ninik. 

Dia menganggap bahwa keterbukaan informasi kepada semua media sangat penting untuk memastikan bahwa tidak ada diskriminasi terhadap media tertentu.  Selain itu, keterbukaan informasi kepada semua pihak diperlukan untuk mencapai pemahaman bersama. "Jangan sampai ada situasi di mana kesepahaman tidak tercapai, dan media diintimidasi. Biarkan rekan-rekan media bekerja dengan baik. 

Berikan mereka ruang untuk bekerja, jangan dipersulit," tuturnya. Tidak hanya kepada partai politik, Ninik juga menyinggung bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) sebagai lembaga penyelenggara pemilu juga diharapkan untuk memberikan keterbukaan informasi kepada masyarakat melalui media. "Rekan-rekan penyelenggara pemilu juga diminta agar memberikan kesempatan kepada media untuk bekerja. Jadi, pastikan informasinya cukup," katanya. 

Muhammad Fida Ul Haq (iNews.id)

Editor     : Mustafa Kamal









Pers Adalah Salah Satu Mitra Kerja Untuk Membangun & Memajukan Bangsa






Posting Komentar

0 Komentar