Kapal Selam Titan Meledak Setelah Dilaporkan Hilang, 5 rang Awaknya Dinyatakan Tewas

 

Kapal selam Titan meledak di hari yang sama saat dilaporkan hilang pada Minggu (18/6) (Foto: OceanGate) MOSKOW, 


Terungkap, AL AS Sudah Tahu Kapal Selam Titan Meledak Setelah Dilaporkan Hilang

celebesmagazine, - Kapal selam Titan dipastikan meledak setelah hilang kontak pada Minggu (18/6/2023). Berdasarkan pencarian di dasar Samudera Atlantik menggunakan kendaraan bawah air yang dikendalikan dari jauh pada Kamis (22/6/2023)

ditemukan puing-puing bagian ekor kapal tersebut. Ternyata Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) juga sudah menduga kapal yang dinaiki 5 orang, termasuk seorang pilot, itu meledak.

Pencarian Jenazah Tetap Berlanjut Sistem deteksi akustik AL AS yang sangat rahasia secara akurat menunjukkan adanya ledakan hanya beberapa jam setelah Titan menyelam menuju bangkai Titanic. Itu berarti kapal selam meledak di hari yang sama dengan laporan hilang. 

Surat kabar The Wall Street Journal (WSJ) mengangkat laporan eksklusif yang mengungkap, dinas AL AS menganalisis suara masuk dari sistem mikrofon bawah air beberapa detik setelah muncul kabar hilangnya kapal selam Titan.

Mengutip pejabat pertahanan yang mengetahui pendeteksian itu, WSJ melaporkan, sistem pada militer yang bekerja secara rahasia berhasil mendeteksi suara seperti ledakan dari arah lokasi hilangnya Titan. “Angkatan Laut AS melakukan analisis data akustik dan mendeteksi anomali yang konsisten dengan ledakan dan letupan di sekitar tempat kapal selam Titan beroperasi ketika komunikasi terputus,” kata seorang pejabat senior AL AS, kepada WSJ. 

Informasi itu kemudian segera disebar kepada komandan terkait yang membantu proses pencarian dan penyelamatan di lokasi. Pejabat itu tidak memberikan informasi terkait sistem yang digunakan untuk mendeteksi dan meminta agar tidak diungkap ke publik karena masalah keamanan nasional. Namun diketahui sistem tersebut biasa digunakan untuk memantau kapal selam musuh. 

Seperti diketahui 

Titan memulai penyelaman pada Minggu pukul 08.00 waktu setempat. Kontak antara Titan dengan kapal yang membawanya, Polar Prince, hilang setelah 1 jam 45 menit.  Posisi terakhir hilang kontak hanya 15 menit sebelum Titan mencapai lokasi bangkai Titanic di kedalaman seklitar 3.800 meter Samudera Atlantik. Penjaga Pantai AS pada Kamis pagi waktu setempat pertama kali mengonfirmasi bahwa seluruh orang yang berada di Titan tewas. 

Puing-puing Titan ditemukan di dasar laut sekitar 1.600 kaki dari haluan bangkai Titanic. Belum bisa dipastikan apakah Titan meledak pada saat yang sama dengan hilangnya komunikasi atau setelah itu.( Anton Suharto)

Editor     : Mustafa Kamal









Pers Adalah Salah Satu Mitra Kerja Untuk Membangun & Memajukan Bangsa






Posting Komentar

0 Komentar